Desember akan Berakhir

"Zona nyaman memang menyenangkan, tapi ternyata melenakan."

Desember akan berakhir. Tahun akan berganti. Namun masih banyak impian yang belum terealisasi. Dari 43 impian yang dituliskan, belum ada setengahnya yang terealisasi. Malu rasanya ketika melihat ulang impian tersebut. Sebab dari beberapa impian yang telah kutulis, malah aku sendiri yang mengingkarinya. Aku terlalu memikirkan egoku yang ingin berada pada zona nyaman. Zona nyaman memang menyenangkan, tapi ternyata melenakan.

Dari sebagian yang sudah terlaksanapun belum sepenuhnya bisa konsisten. Contohnya dalam hal menulis. Aku masih belum bisa seperti Bung Fiersa yang berhasil menulis 365 jurnal dalam waktu satu tahun. Mungkin aku masih belum bisa memacu diri untuk bisa sekonsisten Bung Fiersa dalam menulis. Pada tahun berikutnya, mungkin harus diterapkan reward dan punishment biar lebih semangat lagi.

Salah satu yang bisa tercapai ialah membeli buku setidaknya satu buku perbulan, jika pada bulan tersebut tidak terbeli, bisa membeli pada bulan berikutnya. Setidaknya hal ini membuat motivasiku makin meningkat untuk segera menambah koleksi perpus pribadiku agar bisa berkembang menjadi taman baca. Namun, masih ada yang harus ditambahkan, minat membaca buku selain sastra genre romance seperti novel, puisi, dan motivasi. Aku harus membiasakan membaca buku selain buku bergenre romance. Setidaknya agar apa yang aku baca bisa menambah pengetahuanku yang amat minim ini.

Beruntungnya, aku tergabung dalam komunitas menulis yang terus menerapkan ide untuk membuat anggotanya semangat menulis. Bahkan tulisan ini dibuat karena aku mengikuti progam yang diadakan oleh komunitas blogger UNJ biasa disebut KOMBUN. Terima kasih, KOMBUN, telah menjadi salah satu inspirasiku untuk terus menulis.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer