Resolusi 2019


"Love your self"

Hello, my self. How’s life? Sepertinya perlahan kau mencoba untuk terbangun. Benar begitu bukan? Kau sudah mencoba melalui perubahan susunan kamar. Meskipun terdengar sepele, tapi hal itu berarti bukan bagimu? Ya! Ini berarti bagimu.

Bagi sebagian orang, bersih-bersih dan menata ulang kamar adalah hal yang menyenangkan. Begitupun denganku. Bagiku, membersihkan dan menata ulang kamar adalah moodbuster.

Enam hari sudah berlalu. Namun, sepertinya hari-hari yang terlewati sama saja seperti yang lalu. Sekadar bangun, mandi, makan, baca novel, nyicil skripsi, browsing, scroll twitter, sesekali nge-vlog atau nontonin vlog, terus tidur lagi. Gitu aja terus. Repetitif banget. Ngebosenin banget!

Sebenarnya untuk membuat resolusi tidak harus menunggu tahun yang baru. Iya gak sih? Ya sebenarnya selagi kita merasa butuh untuk memperbaiki diri dan membuat resolusi langsung saja disegerakan. Tapi, yaudahlahya. Semoga hari ini gue bisa membuat resolusi diri di tahun baru. Tahun 2019. Dan semoga resolusi ini bisa tercapai dan diberkahi oleh-Nya. Aamiin!

Ngomong-ngomong tentang resolusi, sebenarnya resolusi itu apa sih menurut kalian? Menurutku, resolusi ada impian atau targetan yang akan aku capai. Resolusi sendiri bagiku biasanya berupa kebiasaan-kebiasaan. Semisal pada tahun lalu, resolusiku ialah membaca minimal 2 buku 1 bulan dan mencatatnya. Namun yang terjadi? Aku selalu lupa untuk mencatatnya. Ya sempat sih beberapa kali membuat review tertulis, tapi lama-lama kebiasaan itu terkikis karena aku yang kurang konsisten membagi waktu antara membaca dan mereviewnya. Dan pada akhirnya, ketika bulan agustus lalu aku mencoba sesuatu yang baru. Sebagai pengganti review tertulis, aku membuat video review yang nantinya aku posting di channel youtubeku, namanya Ananda Deviana. Ternyata cara ini cukup memudahkan bagiku karena setelah membaca, langsung aku membuat reviewnya dalam segmen celoteh buku di channelku itu, dan ini memudahkanku untuk melihat rekam jejaknya. Walaupun sebenarnya yang lagi aku baca dan review adalah buku-buku lama yang aku baca berulang kali. Maklum mahasiswa tingkat akhir, hehe, belum bisa beli buku lagi karena kebutuhan akan skripsi yang lebih menyita dana, wkwk.

Nah, kembali ke resolusi. Di tahun baru ini, aku ingin melanjutkan resolusiku itu. Membaca dan mereview buku minimal 1 bulan 2 kali. Ya, semoga bisa lebih baik dari tahun lalu, dan benar-benar terealisasi dengan baik. Anyway, kayaknya buku yang terkumpul dan terbeli di tahun 2018 tidak sampai pada yang aku inginkan; 24 buku. Walaupun mungkin ketika membaca jumlah itu hampir tercapai, jika diakumulasikan melalui buku yang aku beli, aku pinjam dan aku baca di ijakarta.

Hidup lebih teratur dengan membuat jadwal harian pun masih belum konsisten aku lakukan di tahun lalu. Tapi, sepertinya aku akan mencobanya lagi di tahun ini. Ya, walau sudah enam hari berlalu, tapi tidak apa bukan memulainya dari sekarang? Ya! Semoga aja bisa terealisasi. Dan jika kalian bertanya kenapa aku ingin meneruskan resolusi ini lagi jawabannya adalah karena terkadang aku akan lebih bisa terarah jika memulainya dengan perencanaan. Aku pernah selama beberapa bulan membiarkan diriku mengikuti waktu aja dan tanpa perencanaan, tapi hasilnya? Aku kayak kehilangan arah! Wkwk gaya banget bahasanya ya, but its true.

Menulis jurnal harian pun akan aku berlakukan kembali. Ya, walaupun tahun lalu masih gagal dalam memenuhi jurnal365, tapi aku akan kembali mencobanya. Aku ingin kelak catatan ini akan menjadi pengingatku dikala aku jenuh dan terjatuh. Ya karena beberapa kali disaat aku benar-benar jenuh dan terjatuh, lalu aku membaca ulang diary atau jurnal harian aku kembali berpikir untuk terus melanjutkan apa yang sudah aku mulai. Ya. Intinya jurnaling untuk meluruhkan resah dan menjadi pengingat dikala gundah. Yosh. Semangat! Dan ada lagi, aku ingin kembali mencoba morning and night routine yang sehubungan dengan jurnaling yang aku buat. Ini sempat terealisasi beberapa saat dan aku merasakan perubahannya loh. Jadi lebih semangat menjalani hari gitu.

Selain hal itu, aku juga ingin bisa lebih hemat, menabung sedikit demi sedikit untuk membeli keperluan pribadi dan ya tabungan di masa yang akan datang. Walaupun keadaannya sampai saat ini masih belum bekerja, tapi semoga saja aku bisa menyisihkan sebagian uang yang diberikan ayah untuk ditabungkan dicelengan. Ya, walaupun seringnya aku pakai untuk pulsa, dan keperluan harian sih. Wkwk. Ya, tapi siapa tahu setelah ini aku mendapatkan pekerjaan dan benar-benar bisa terealisasi dari penghasilanku nantinya. Wish me luck!

Resolusi lainnya aku ingin belajar untuk menerima dan mencintai diriku sendiri secara utuh. Gimana sih maksudnya? Maksudnya ya jika selama ini aku masih insecure dan membandingkan diri dengan orang lain. Kali ini aku harus benar-benar menyadari, bahwa setiap manusia itu unik dan menarik dengan dirinya masing-masing. Setidakmenarik apapun aku dimataku, aku harus bisa menerimanya, dan menyadari bahwa menarik tidak menarik dimata manusia dalam segi fisik itu relatif, dan cantik itu tidak selalu harus berkulit putih, bertubuh ideal dan berpenampilan menarik. Ya, aku harus terus bersyukur dengan segala yang ada dalam diriku. Love your self before love other!

Anyway, gak Cuma love my self aja sih tapi juga aku harus belajar bagaimana menghadapi, menghormati dan menghargai orang lain. Asli, terkadang ini tantangan yang berat bagiku. Kenapa? Karena aku masih suka bertindak semaunya, seenaknya, asal ceplas ceplos. Ya, sometimes aku merasa apa yang aku lakukan ini bisa menyakiti orang lain, tapi terkadang aku juga berpikir itu penting. Ya maybe ini bisa disesuaikan dengan kondisi. Iyakan?

Resolusi lainnya aku ingin memfokuskan platform yang aku punya. Semisal, Blogspot ini untuk celoteh tentang apapun itu. Tumblrku devindaa.tumblr.com untuk menulis sajak-sajak. Wattpad ananda_deviana untuk menulis kumpulan cerpen atau bahkan novelet dan novel. Dan youtube anandadeviana untuk review ataupun konten celoteh dan konten lainnya dalam bentuk video. Ya. Sebenarnya kebanyakan sih. Tapi gapapa karena setiap platform memang aku ingin bagi-bagi fokusnya.

Untuk saat ini masih segitu sih resolusinya. Semoga aku bisa perlahan membentuk habits yang sehubungan dengan resolusiku. And see you!

Komentar

Postingan Populer