Multitasking bikin pusing tujuh keliling

 Multitasking kayaknya bukan hal yang asing bagi kita orang yang terbiasa melakukan banyak kegiatan secara berbarengan dalam satu waktu, yaiyalahya namanya juga multi, banyak. Contohnya gue, seringkali gue mengalami kesulitan untuk fokus karena rasanya pengen semua hal bisa gue kerjain secara berbarengan dalam satu waktu. Kayak sekarang gue lagi coba nulis, tapi kayak hasrat ingin nyambi baca tuh seringkali mengganggu. Gue menjadi bingung yang mana yang harus dilakukan. Gue fokus nulis atau gue jeda dengan baca. Ya, meskipun antara nulis dan baca emang mestinya dilakukan dengan seimbang ya, tapi bukan berarti gue ngelakuin itu dalam satu waktu. Yakan.

Kemampuan gue untuk fokus di satu hal semakin sulit sejak gue merasa segalanya mesti dilakukan berbarengan, biar semua cepet selesai. Parah sih, efeknya bukan main, jadinya gak optimal meskipun emang bisa dibilang cepet. Otak kayak kedistraksi gitu mau fokus ke mana dulu nih kalau semua dikerjain dalam satu waktu. 

Tapi entah kenapa kayak gue merasa mau fokus di satu hal aja dulu sebelum ke hal lain juga sulit. Ini otak kayak aktif banget cari-cari kerjaan apa yang mesti dikerjain. Atuhya ini harus dilatih banget biar ke depannya juga bakal baik juga buat fokusnya gue, biar gak mudah kepecah. Gue seringkali mudah kepecah dan ujungnya bakal ngomel sendiri ketika lagi fokus dan tiba-tiba ada gangguan. Buat temen-temen gue yang dulu sering kena semprot, maafkan daku ya. 

Hal lain yang bikin gue gini juga kayaknya gue yang selalu memaksakan untuk terlihat produktif, padahal mah produktif bukan berarti gue menghasilkan banyak, tapi dengan gue fokus dengan apa yang gue kerjakan dan nantinya syukur syukur bisa menghasilkan sesuatu juga udah lumayan lah buat dibilang produktif. Iya kan ya. Daripada gue kerjain semua hal tapi hasilnya gak optimal.

Entah kenapa gue seringkali menginginkan bisa ngerjain ini itu sendiri, tapi sayangnya tingkat kemageran gue juga tinggi. Ketika gue pengen dan ada mood ya bisa dikerjain, tapi kalau udah ga ada mood, udah dah kerjaan gue bakal cuma tiduran scrooling hape kayak orang gabut.

Komentar

Postingan Populer