Mencoba Menemukan Tujuan Hidup

Selamat malam, selamat menikmati indahnya malam minggu buat kalian yang lebih memilih untuk bersitatap dengan monitor; laptop, komputer, gawai. Selamat membaca celoteh jemariku. Hehe.

Pernah gak sih kalian ngerasain apa yang gue lagi rasain belakangan ini? Hidup tuh kayak hampa, kosong, mudah bosan, jenuh aja gitu bawaannya, padahal ya kalau dipikir-pikir gak ada banyak hal yang lagi gue kerjain saat ini.

Belakangan ini gue sering banget ngerasa risau sama keadaan diri gue yang kayak zombie, hidup ngalir gitu aja tapi gak benar-benar paham sama apa yang dirasain, sama apa yang dilewatin. Sungguh! Gue benci momen dimana gue merasa kosong, hampa, gak ada arah gini.

Awalnya gue merasa gue itu cuma lagi lelah. Ya, lelah secara psikologis, maklumlah ya masih belum ada kerjaan yang bener-bener gue kerjain. Sampai pada akhirnya gue nyoba untuk nekat, ambil tawaran ayah gue buat kerja di tempat temannya. Tanpa bekal apa-apa tentang pekerjaan apa yang bakal gue kerjain nantinya. Pokoknya bokap gue cuma bilang di percetakan. Yaudahlahya tanpa pikir panjang gue coba iyain dan dateng, ngebawa lamaran ke tempat temennya. Dalam hati ya bismillah aja deh. Walaupun sebenernya hati masih ragu dan masih kepikiran buat ngajar di tempat yang udah nerima gue itu. Di SMK yang gak jauh dari SMA gue.

Gue inget banget, waktu itu, tanggal 24 Juni 2019, gue dateng ke kantor percetakan itu. Cuma modal lamaran dan kenekatan. Gue pikir bodoamatlah kalau gak diterima juga gapapa, berarti emang jodohnya ngajar.

Masuklah gue ke ruangan Bos, awalnya gue grogi, asli kalau ketemu orang baru gue itu selalu grogi. Ditanya-tanyalah gue tentang hal-hal yang gak pernah gue tau, kayak "PO, SO, SPH" gue cuma geleng-geleng, bilang belum tahu. Terus bos nya nganguk-ngangguk, terus bilang, "Bisa ngetik gak?" Gue bilang bisa kalau ngetik, walau ala kadarnya aja. Terus bos nya cuma ngeliatin muka gue dan bilang sama partner kerjanya yang ada di sebelah dia buat nyaksiin interview, berdiskusilah mereka dengan bahasa batak. Gue mah cuma diem dan pasrah sama apapun yang terjadi. Toh, semua udah diatur sama Allah, dan ini salah satu bagian dari usaha gue, kalau gak diterima ya emang bukan rezeki dan rezekinya ngajar. Lagi lagi cuma itu yang gue pikirin.

Gak lama beliau bilang, "kamu di purchasing ya." 
Eng ing eng gue ngangguk dan sambil kebingungan bilang, "iya bu, tapi nanti nanda minta rekomendasi bacaan yang bisa nanda pelajarin ya,"
Dan beliau cuma bilang, kamu nanti belajar aja langsung ya, meja kamu ada di depan nanti diajarin sama senior di sini.

Mampuslah gue. Gue itu bukan tipe yang gampang ngerti kalau gue belum baca atau memahami hal yang nantinya akan gue kerjain. Tapi, ya mungkin ini salah satu jalan, sisanya gue bertekad untuk belajar dan nyari artikel sendiri.

Seharian suntuk gue belajar, diajarin, tapi gak ngerti-ngerti. Asli saat itu kayaknya otak gue kosong banget. Cuma modal dari pekerjaan repetitif apa yang gue lakuin selama 4 hari, dan selama 4 hari itu gue browsing dan nanya sana sini tentang purchasing belum aja bisa memuaskan hati gue. Selalu aja hati gue gelisah, ragu, resah, sampe tidur selama 4 hari bertutut-turut cuma dari jam 4 subuh sampe jam 6. Setiap hari gue ngerasa jiwa gue kosong.
Tepat di hari ke lima, hari jumat gue lagi lagi modal nekat. Gue mikir, toh, mungkin gue masih training, toh gaji aja gue gak dikasih tau, berarti gue masih ada kesempatan untuk menyelamatkan diri gue, dari stress dan kosong yang berkepanjangan.
Bismillah aja deh. Gue milih keluar dan milih ngajar.

Emang dasar semaunya banget yak gue. Tapi setidaknya selama 4 hari itu gue belajar. Belajar gimana rasanya kerja kantoran yang dikejar deadline dan gak bisa lelet, belajar buat bantu-bantu apa yang lagi dikejar deadline, belajar buat lebih mentolerasi.

Satu lagi, gue belajar kalau saat itu gue menjalani sesuatu yang gak berdasarkan tujuan, atau bisa dibilang tujuan hidup gue lagi kacau. 
Sampai kemarin gue masih mencoba merenung, apa yang salah sama diri gue, kenapa gue terus-terusan merasa kosong. Ternyata, salah satunya karena gue lagi gak punya tujuan hidup.

Emang bener ya, menjalani sesuatu tanpa tujuan ya emang gak baik. Gue pribadi si ngerasanya gitu. Sampai kemudian gue nyoba untuk nyari tahu apa sih tujuan hidup, seketika gue kembali ke masa-masa dimana gue semangat menjalani hari, karena gue punya apa yang ingin gue capai, dan saat ini gue gak punya.

Akhirnya gue coba nyari tahu, salah satu chanel youtube, bilang kalau tujuan hidup itu mendengarkan suara hati. Oke, gue berpikir, salah satu kesalahan gue, waktu gue ngelamar di percetakan, mungkin karena gak sesuai sama suara hati gue. Dan sekarang gue udah mencoba untuk ngikutin suara hati gue. Tepat tanggal 1 kemarin gue ke sekolah dan selanjutnya tanggal 13 gue balik lagi ke sekolah sampai seterusnya. Semoga kali ini beneran suara hati gue dan disana gue bisa jadi guru BK yang bermanfaat dan menginspirasi.
Selanjutnya gue coba lagi dengerin ceramah singkat dari Ust Adi Hidayat, beliau bilang tujuan hidup manusia itu untuk beribadah, ini tertuang dalam al-quran, dan beliau bilang kita harus menyertakan Allah dalam apapun yang kita lakuin. Ya, gue setuju sama beliau, karena rasanya beda ketika kita ngucap nama Allah dan gak menyertai Allah dalam aktifitas kita. Semoga gue bisa menjalani apa yang udah dibilang sama Ust Adi Hidayat ini.

Dan yang terakhir, gue masih punya PR untuk berbicara dengan diri gue sendiri, tentang kelanjutan tujuan hidup gue, selain menjadi manfaat dan inspirasi buat diri sendiri dan orang lain dan tentunya beribadah kepada Allah sebab beribadah adalah bentuk dari rasa syukur atas apa yang telah Dia berikan kepada kita.

Btw, maaf ya random gini. Emang anaknya random. Hehe.

Komentar

Postingan Populer