Pengalaman Mengajar di Pekolah Pertama

Kini hampir memasuki minggu ke empat gue bekerja di sekolah tempat sekarang gue ngajar. Salah satu pengalaman yang membuat gue banyak belajar. Iya, sebenarnya gue yang banyak belajar dari semua yang ada di sini, baik dari siswa, teman sesama guru, pimpinan dan juga orangtua murid. 

Entah kenapa waktu pertama liat lamaran untuk menjadi guru BK di sekolah ini, SMK Tunas Harapan, gue langsung tergerak untuk mengajukan lamaran. Sempat juga ada tawaran dari tempat lain untuk menjadi guru BK di sekolahnya, tapi entah kenapa gue merasa lebih klik di sekolah ini. Dan kini, di hari kesekian gue ngajar gue pengin cerita apa yang gue dapetin, gue pelajarin.

Alhamdulillah, gue gak pernah nyangka, cita-cita dimasa kecil gue bisa berwujud. Thanks God memang rencanamu sungguh indah. 

Salah satu kejadian yang bikin gue terenyuh ketika gue ngasih film pendek karya Eka Gustiwana tentang Ayah. Film yang sama yang pernah gue kasih waktu gue PKM di SMP Diponogoro 1. Gue ngasih film ini untuk kelas XII, sayangnya gue cuma ngasih refleksi diri tentang ayah ini di satu kelas karena di kelas satunya lagi gue ngasih film pendek tambahan tentang ibu dan refleksinya tentang ibu. Salah satu tulisan murid yang bikin gue tersentuh ialah, ketika ia menyadari bahwa ayahnya ialah orang pertama yang mencintainya dengan tulus. Selama ini gue selalu berpikir kalau harusnya ayah menjadi sosok cinta pertama anaknya, tanpa gue sadari, ayah ternyata sudah lebih dulu mencintai anaknya dengan tulus. Ya, gue berterima kasih banget sama murid-murid gue yang sebenarnya lebih cocok gue sebut guru bagi kehidupan gue. Terima kasih banget udah mau ngerjain refleksi-refleksi yang ngebuat gue belajar dari tulisan-tulisan kalian.

Lingkungan gurunya pun gak kalah asyik, disini kekeluargaannya dapet banget. Gue yang sebagai guru baru aja merasa diterima gitu, diajak ikut jalan bareng, dibawain jengkol hehe sebab daku suka jengkol, dan juga pengalaman-pengalaman jajan or ke masjid bareng. Rasanya bahagia bisa ditempatkan di sekolah ini.

Hal lain yang bikin gue terenyuh ketika ada orangtua murid yang memenuhi panggilan dari sekolah, disana gue mendampingi masalah tersebut bersama wali kelas, kurikulum dan sebagainya, orangtua tersebut menyatakan bahwa citacitanya hanya satu, ingin kelak anaknya menjadi anak yang sholeha dan memberika jubah emas hadiah dari Allah sebab hapalan-hapalan yang dimilikinya. Seketika gue langsung inget sama mama dan ayah, gue malu, sebagai anak, gue masih banyak kurangnya.

Sebenarnya ada banyak lagi yang gue palajarin dari sekolah ini, tapi sebentar lagi istirahat dan ada jam, gue mesti siap-siap buat masuk kelas. So, gue akan cerita di lain waktu. Bye.




Komentar

Postingan Populer